Header AD

Lima Hal Ini Dapat Merusak Ginjal Anda


loading...
perbandingan Ginjal Sehat dan tidak Sehat
Ginjal merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh kita. Organ ini bertanggung jawab untuk sejumlah proses di dalam tubuh, di antaranya detoksifikasi darah, mengeluarkan racun melalui urine, dan menyaring kelebihan air di dalam tubuh.

Selain itu, ginjal juga bertanggung jawab untuk mengatur tingkat kalsium dan fosfat, serta mensekresi hormon penting yang kemudian bertanggung jawab untuk mengatur tekanan darah dan menciptakan sel darah merah. Ginjal juga berperan penting untuk mengangkut oksigen dan nutrisi penting ke seluruh tubuh.

Agar kesehatan Anda optimal, Anda harus memiliki sepasang ginjal yang sehat, karena jika fungsi ginjal terganggu, dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Tanda-tanda paling jelas yang menunjukkan kerusakan ginjal antara lain, perubahan warna dan jumlah urine, pusing, muntah, anemia, sulit bernapas, kedinginan, kelelahan, gatal kulit, bau mulut, dan merasakan sakit secara tiba-tiba di dalam tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang dapat mengganggu fungsi ginjal Anda.

1. Kurang minum air
Jika Anda tidak minum cukup air, ginjal Anda bisa rusak. Salah satu fungsi ginjal adalah mengeluarkan sisa metabolisme dari tubuh dan mengatur produksi eritrosit. Jika Anda tidak memiliki cukup air  dalam tubuh, darah Anda akan lebih terkonsentrasi dan aliran darah ke ginjal jadi berkurang. Hal ini akan mempengaruhi kerja ginjal untuk membung racun dari tubuh, yang akhirnya menyebabkan penumpukan racun di dalam tubuh Anda.

Menurut National Kidney Foundation, Anda harus minum setidaknya 10-12 gelas air setiap hari (dewasa sehat). Jumlah ini akan cukup untuk mendukung fungsi organ-organ vital dalam tubuh Anda.

2. Konsumsi terlalu banyak kopi.
Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merusak ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, karena dapat menyebabkan hipertensi dan membuat ginjal terlalu banyak bekerja. Ini bisa menimbulkan beberapa konsekuensi serius dalam jangka panjang. Tapi, ini tidak berarti Anda tak boleh mengonsumsinya sama sekali. Dosis optimal adalah 1-2 cangkir kopi dan 3 cangkir teh sehari.

3. Konsumsi tinggi garam.
Garam merupakan bahan lain yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan pada ginjal dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kandungan natrium pada garam jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, akan membuat ginjal Anda bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan garam. Akibatnya, fungsi ginjal jadi menurun dan terjadi retensi air di dalam tubuh. Di sisi lain, kondisi ini dapat meningkatkan tekanan darah, yang kemudian akan memperburuk kesehatan ginjal Anda.

Asupan harian garam tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan, yaitu 5 gram per hari. Jika melebihi takaran ini, akan menyebabkan ketegangan dan masalah kesehatan lebih lanjut.

4. Konsumsi terlalu banyak alkohol
Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan masalah serius pada ginjal. Hal ini dapat meningkatkan risiko gagal ginjal. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga mempengaruhi fungsi normal ginjal.

5. Kurang tidur.
Kurang tidur tidak hanya buruk bagi ginjal, tetapi juga untuk seluruh organ tubuh Anda. Menurut para ahli, orang dewasa harus mendapatkan 6-8 jam tidur setiap malam. Jika kurang dari itu, dapat menimbulkan efek kerusakan pada jangka panjang.

Saat Anda tidur, jaringan organ Anda akan melakukan regenerasi. Jadi, jika Anda kurang tidur, proses regenerasi ini akan terhalang, yang berakibat pada kerusakan ginjal dan organ lainnya.

Menurut hasil penelitian, kurang tidur dapat menyebabkan hipertensi dan aterosklerosis, yang meningkatkan risiko gagal ginjal. Ginjal Anda akan beroperasi dengan sempurna jika Anda memiliki kebiasaan tidur yang sehat.


Sumber: My Healthy Life Guide

Lima Hal Ini Dapat Merusak Ginjal Anda Lima Hal Ini Dapat Merusak Ginjal Anda Reviewed by Viral News on 9/26/2016 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD