Header AD

Istilah Istilah Dalam Internet


loading...

Istilah Istilah Internet Istilah Internet Bagi mereka yang terbiasa menggunakan internet, mungkin akan sering mendengar berbagai macam istilah istilah dalam internet. Hanya saja, tidak semua orang mengetahui arti dari istilah tersebut sehingga hal tersebut sekedar menjadi angin lalu saja.

Ada beberapa istilah yang kerap digunakan dalam internet. Beberapa istilah tersebut di antaranya adalah :

ADN

Merupakan singkatan dari Advanced Digital Network, yang merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan saluran leased line yang memiliki kecepatan hingga 56 kbps.

ADSL

Singkatan dari Asymetric Digital Subscriber Line. Merupakan salah satu tipe DSL yang memungkinkan proses upstream serta downstream melaju dengan kecepatan berbeda. Biasanya kcepatan downstream lebih tinggi yang mencapai 1,544 mbps untuk downstream serta upstream mencapai128 kbps pada konfigurasi umum.

Anonymous FTP

Situs ini bisa digunakan tanpa kita harus mendaftar dan memiliki identitas tertentu. Aturan baku yang digunakan dalam situs ini yaitu dengan mengisi Anonymous pada kolom pengguna serta alamat email yang digunakan untuk password.

Backbone

Merupakan jalur yang memiliki kecepatan tinggi dan terdapat sebuah rangkaian hubungan sebagai jalur utama pada sebuah jaringan internet.

Bandwith

Merupakan sebuah nilai yang berisi informasi mengai jumlah data yang dapat melintasi sebuah jalur komunikasi dalam jaringan pada waktu tertentu.

Broadband

Adalah jalur transmisi data yang memiliki kecepatan tinggi dengan kapasitan bandwitch yang lebih tinggi daripada saluran telepon biasa.

Download

Proses untuk memindahkan data yang ada dalam sebuah situs ke dalam alat penyimpan data sehingga bisa digunakan tanpa perlu menghubungkannya dengan jaringan internet.

Firewall

Merupakan gabungan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang akan menyekat sebuah jaringan menjadi dua atau lebih dengan tujuan keamanan.

Gateway

Secara teknis, gateway adalah sebuah istilah yang menunjukkan proses pengaturan perangkat keras dan perangkat lunak. Fugsinya adalah untuk menerjemahkan dua sumber data yang berbeda. Dalam pengertian umum, gateway merupakan sebuah proses yang menyediakan jalan untuk masuk ke sebuah sistem yang saling terhubung melalui suatu jaringan.

HTML

Merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML merupakan salah satu jenis dari SGML dan digunakan pada proses perpindahan data yang terjadi dalam protokol HTTP.

IMAP

Singkatan dari Internet Message Acces Protocol. Merupakan suatu protokol yang diiptakan untuk membuka surat elektronik. Selain IMAP, alamat protokol lain yang digunakan untuk fungsi yang sama yaitu dengan menggunakan POP.

Internet

Merupakan kumpulan besar jaringan yang saling terkait dan dihubungkan dalam sebuah protocol atau yang disebut IP. Internet adalah sebuah sistem yang merupakan pengembangan dari jaringan yang ditemukan oleh ARPANet serta dimungkinkan sebagai sebuah jaringan WAN yang paling besar pada saat ini.

Intranet

Adalah sebuah jaringan pribadi yang berada dalam sebuah sistem dan saling menghubungkan setiap komputer seperti internet. Hanya saja, intranet hanya bisa digunakan dalam sebuah lingkup tertentu yang terbatas.

ISDN

Merupakan singkatan dari Integrated Services Digital Network. ISDN adalah sebuah jalan yang diciptakan untuk memberikan kemudahan pada proses pemindahan data yang dilakukan dengan kecepatan lebih tinggi. Proses ini dilakukan dengan menggunakan saluran telepon reguler yang ada. Berbeda dengan DSL, pada ISDN bisa dihubungkan menggunaakan lokasi lain seperti saluran telepon. Dengan syarat bahwa pada wilayah tersebut juga memiliki hubungan dengan saluran ISDN.

Mailing List

Kerap juga disingkat dengan istilah milis, merupakan sebuah alamat surat elektronik yang digunakan oleh beberapa orang pengguna internet untuk saling bertukar informasi. Untuk setiap informasi yang terkirim ke dalam sebuah alamat yang tercantum pada sbuah milis, akan dikirimkan ke seluruh anggotanya.

Akan selalu ada istilah-istilah baru yang terus berkembang terkait dengan kemajuan teknologi informasi. Jika tidak ingin tertinggal, maka Anda pun selayaknya selalu meng update info istilah baru dalam internet.

Istilah Istilah Dalam Internet Istilah Istilah Dalam Internet Reviewed by Viral News on 10/03/2011 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD